SAYEMBARA LOGO BRANDING PARIWISATA KABUPATEN ACEH TENGAH

Kategori : Government Sabtu, 29 Juni 2019

SAYEMBARA LOGO BRANDING PARIWISATA KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2019


Menyongsong era pasar bebas beberapa tahun ke depan, persaingan antar daerah untuk mendapatkan kepercayaan terbaik dalam keunggulan wilayah, maka kiranya diperlukan logo branding sebagai sarana memperkuat strategi pemasaran dan pencitraan pariwisata daerah, sebagaimana telah diluncurkannya Pedoman Penggunaan Logo Branding Kepariwisataan Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Penggunaan Logo Branding Kepariwisataan berarti Kabupaten Aceh Tengah siap mengedepankan potensi dan keunggulan wilayah untuk dipromosikan dan dipasarkan agar semakin banyak wisatawan berkunjung ke Dataran tinggi Gayo atau Negeri diatas awan. Berdasarkan pemahaman tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan menggali dan mengeksplorasi berbagai gagasan inovatif dari segenap lapisan masyarakat luas untuk dapat dituangkan kedalam sebuah karya desain yang bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan potensi daerah melalui Lomba Desain Logo Branding Kepariwisataan Aceh Tengah.

1. TEMA

“Eksplorasi Pesona Keindahan Alam dan Budaya Takengon”

2. TUJUAN

Tujuan diadakannya lomba adalah untuk menghasilkan identitas visual berbentuk Logo dan Branding Kepariwisataan Aceh Tengah yang mencerminkan ciri identitas daerah, keunggulan potensi pariwisata, keagungan seni budaya dan kearifan lokal masyarakat kabupaten Aceh Tengah.

3. KRITERIA LOMBA

Kriteria pembuatan logo branding kepariwisataan mengacu pada pedoman penggunaan branding kepariwisataan secara Nasional oleh Kementerian Pariwisata R.I, yang telah diluncurkan pada tanggal 23 Desember 2014 di Jakarta.
Logo terdiri dari 2 (dua) unsur yaitu: Logogram (komponen gambar) dan Logotype (komponen tulisan/branding) yang dapat dibuat dalam masing-masing unsur tersendiri atau hasil kreasi kombinasi antar unsur dimaksud sehingga menjadi sebuah logo.

Kriteria isi keseluruhan : mencerminkan potensi, mengakomodasi visi, sehingga mampu mempromosikan dan memasarkan kepariwisataan Aceh Tengah.

Kriteria logogram (komponen gambar) : mewakili ciri/identitas daerah, menarik, unik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diingat.

Kriteria tulisan/branding : menarik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diucapkan dan mudah diingat dengan hanya 1 (satu) ungkapan kata dalam bahasa Indonesia/Inggris yang diikuti oleh tulisan Kabupaten Aceh Tengah ataupun sebaliknya (disesuaikan dengan kaidah penulisan) dan dapat disertakan tanda baca.

Kriteria bentuk : unik, menunjukkan ciri khas Aceh Tengah, mengikuti kaidah/prinsip-prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, proporsi, irama, dominasi dan warna)

Kriteria warna : memiliki komposisi yang seimbang dan serasi.

Memiliki fleksibilitas untuk diaplikasikan ke berbagai media.

Karya desain yang dikirim adalah buatan sendiri dan bukan jiplakan (plagiat) ataupun mempunyai kemiripan dengan karya desain yang lain.

Peserta bersedia mengikuti rangkaian acara dan prosedur kompetisi.

Peserta bersedia mengikuti kaidah-kaidah dan aturan tata perlombaan/sayembara logo/branding.

4. SISTEM SELEKSI DAN PENJURIAN LOMBA

Baca juga : Merangin Geopark : One of Six Indonesian Geoparks Gaining More Worldwide Popularity

Sistem seleksi dan penjurian lomba desain logo branding dilakukan secara bertingkat, yaitu:
Seleksi awal adalah seleksi teknis administrasi dilakukan oleh panitia.
Seleksi kedua dilakukan oleh tim penilai/juri untuk mencari 3 (tiga) desain logo branding
Presentasi 3 (tiga) desain logo branding terbaik di hadapan tim penilai/ juri kemudian dilakukan seleksi akhir oleh tim penilai/juri untuk mencari dan menetapkan desain terpilih.

Keputusan tim penilai/juri tidak dapat diganggu gugat.


5. KRITERIA PENILAIAN

1. Orisinalitas karya.
2. Relevansi logo dengan tema.
3. Kreativitas dan estetika.
4. Deskripsi/penjelasan dari logo dan branding (latar belakang, makna, filosofi, konsep, kekuatan daya tarik desain dan kesan keseluruhan).

6. PESERTA LOMBA

1. Pelajar SMA/SMK/MA/sederajat
2. Mahasiswa
3. Praktisi
3. Akademisi
4. Masyarakat umum
5. Perorangan

7. PELAKSANAAN LOMBA

No. Tahapan Waktu
1. Pendaftaran dan pengambilan TOR Sayembara 24 Juni – 29 Juni 2019
2. Pemberian penjelasan / Technical Meeting 01 Juli 2019
3. Pengumpulan hasil karya 02 Juli – 13 Juli 2019
4. Penjurian tahap I 16 Juli – 18 Juli 2019
5. Pengumuman 3 (tiga) Nominator 20 Juli 2019
6. Penjurian tahap II (Presentasi Karya Nominator) 22 Juli - 23 Juli 2019
7. Pengumuman Pemenang 26 Juli 2019
8. Penyerahan Hadiah 27 Juli 2019

8. TERM OF REFERENCES

1. Berdomisili di Kabupaten Aceh Tengah (dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk/KTP);
2. Unsur Logo Branding Pariwisata yang dibuat mengandung ciri khas Gayo dan Adat Istiadat Gayo;
3. Peserta membuat Deskripsi pendek tentang Branding (logo);
4. Pengumpulan Hasil Karya Logo Branding Pariwisata diterima dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy (format .PNG) dan dikirim melalui email pribadi peserta ke email disbudparpora.acehtengah81@gmail.com masing-masing sebanyak 4 (empat) ex. (Tahapan Sayembara No.4);
5. Pengumpulan hasil karya akan dipilih 3 (tiga) nominator terbaik (Tahapan Sayembara No.6)
6. Setiap nominator mampu mempresentasikan karya yang dibuat (Tahapan Sayembara No.7);
7. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tahapan sayembara No.8;
8. Karya orisinil peserta tanpa menjiplak karya orang lain;
Karya peserta yang masuk Nominasi 3 (tiga) besar Sayembara menjadi Hak Milik Pemerintah Daerah Aceh Tengah.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32