Peringati 74 Tahun Kemerdekaan, Pacuan Kuda Tradisional Gayo Resmi Dimulai

Kategori : Government Senin, 26 Agustus 2019

Takengon - Even Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 secara resmi dimulai dan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abu Bakar pada Hari Senin, 26 Agustus 2019. Pacuan Kuda akan berlangsung selama seminggu kedepan di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah.  

Pacuan Kuda Sudah Menjadi Tradisi atau Agenda Rutin di Dataran Tinggi Gayo, Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-74 juga untuk mempertahankan budaya serta meningkatkan wisatawan. 

Kapala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, Jumadil Enka, S.Sos. MM. dalam laporannya  mengatakan bahwa even kali ini diikuti sebanyak 371 Ekor Kuda yang berasal dari beberapa daerah lainnya, yakni; Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, bahkan Aceh Besar dan Sumatera Barat yang juga turut serta dalam even pacuan kuda ini. 

“Dari Aceh Tengah Sebanyak 196 ekor, Bener Meriah 106 ekor, Gayo Lues 62 ekor, Aceh Tenggara 5 ekor, Aceh Besar 1 ekor dan Sumatera Barat 1 ekor”. rinci Jumadil.  

Adapun kelas-kelas yang dipertandingkan yaitu, Kelas Gayo Muda, Gayo Tua, E Muda, E Tua, D Muda, D Tua, C Muda, C Tua, B Muda, B Tua, A Muda, A Tuda, C Perdana, AB Perdana, dan Derby Gayo.  

Ada Hal yang berbeda yang ditampilkan dalam rangkaian event pacuan kuda kali ini dari Even Pacuan Kuda sebelumnya, yaitu adanya Festival Mobil Kopi yang juga dipusatkan di Lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka sebagai upaya untuk mendorong dalam meningkatkan Kepariwisataan di Kabupaten Aceh Tengah. Festival Kopi ini di selenggarakan oleh Komunitas Coffee Mobile dan bekerjasama antara Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, BPJS Ketenagakerjaan dan  Komunitas lainya yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. (TPP)

            

Foto : Bupati Aceh Tengah, Shabela Abu Bakar Membuka Kegiatan Festival Mobil Kopi yang berlangsung di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Aceh Tengah 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32