Desember Kopi Gayo 2019

Kategori : Government Kamis, 05 Desember 2019

Takengon - Masyarakat Kampung Hakim Bale Bujang (HBB) Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, bersama Komunitas Rangkaian Kopi (RBK), menyambut hujan dan panen kopi dengan menggelar aneka pertunjukan seni kopi. Kegiatan itu bertajuk “Desember Kopi Gayo” yang digelar pada 7-8 Desember 2019. Kegiatan ini pertama kali dimulai pada 2016 silam bernama “November Kopi Gayo.” Diharapkan kegiatan serupa berjalan tiap tahun, merayakan panen kopi.

Rangkaian pertunjukan seni bertema kopi tersebut dihelat akan hadir di kebun kopi, warung kopi, dan pabrik kopi di Aceh Tengah dan Bener Meriah, serta kawasan wisata Bur Telege Takengon.

Pertunjukan seni yang akan ditampilkan adalah pembacaan puisi kopi oleh penyair Indonesia, musik kopi, dan tari kopi oleh seniman-seniman Gayo dan luar daerah.

Akan diadakan pula berbagai kegiatan seperti lomba menampi kupi, menyelei kupi (menggongseng kopi) dan munutu kupi (memproses kopi jadi bubuk secara tradisional), serta lomba masak pengat, kuliner khas Gayo.

Disamping itu, Pengelola objek wisata Bur Telege, Takengon, Aceh Tengah akan menggratiskan tiket masuk pada acara Desember Kopi Gayo, pada  Minggu, 8 Desember 2019.

Selain itu, khusus pengunjung dari luar Aceh Tengah dan Bener Meriah akan mendapatkan secangkir kopi Gayo gratis saat datang ke Bur Telege pada hari yang sama. Pengunjung luar daerah hanya diminta menunjukkan kartu identitas dan mencatatkan nama di buku tamu.

“Kita gratsikan tiket masuk kepada seluruh masyarakat yang datang ke Bur Telege pada saat Desember Kopi, serta khusus masyarakat luar Aceh Tengah dan Bener Meriah kita berikan secangkir kopi gratis. Kecuali parkir, tetap bayar,” kata Reje Kampung Hakim Bale Bujang (HBB) Misriadi, Kamis (28/11/2019).

Pemberian fasilitas tiket gratis dan kopi gratis di Bur Telege, sebagai bagian dari perayaan Desember Kopi Gayo yang diselenggarakan pada 8 Desember 2019.

“Kita serukan masyatakat ikut memeriahkan kegiatan tersebut,” ujar Reje HBB.

Kegiatan Desember Kopi Gayo diisi dengan pertunjukan seni kopi di kebun kopi, kedai kopi dan pabrik kopi, serta peluncuran kawasan wisata Bur Telege dan Bur Mulo Forest Park.

Selain Bur Telege, acara Desember Kopi Gayo juga dilaksanakan di kedai kopi Kute Coffee, Galeri Kopi Indonesia Pegasing, Kafe Terapung Titik Satu One One Takengon.

Kedai Kopi Kute Coffee juga memberikan fasilitas secangkir kopi gratis bagi pengunjung luar Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Agenda dan Info Kegiatan 

 

JADWAL RANGKAIAN KEGIATAN DESEMBER KOPI GAYO  

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32