Festival Lut Tawar Resmi dibuka

Kategori : Government Senin, 09 Desember 2019

Takengon - Festival Danau Lut Tawar resmi dimulai dan dibuka oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abu Bakar di Lapangan Musara Alun, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (08/12/2019). 

Pembukaan Festival Danau Lut Tawar turut di hadiri, Kadis Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin SE.M.Si.Ak. Ketua DPRA, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I, Sekda Aceh Tengah Karimansyah,Ketua DPRK Aceh Tengah Arwen Mega dan seluruh Pejabat  Pemerintah Aceh Tengah dan masyarakat gayo khusunya provinsi Aceh, Tuturnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Daerah dataran tinggi Tanoh Gayo yang memiliki seni budaya yang sangat kaya, salah satunya Danau Lut Tawar sebagai daya tarik untuk para pengunjung wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan di tambah lagi dengan tari guel yang kaya akan seni gerak.

Shabela menambahkan, momen ini harus dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan eksitensi budaya Gayo kepada masyarakat luas. ”Dengan menyukseskan acara ini,kecintaan kita terhadap budaya lokal diharapkan akan lebih meningkat,meskipun kuatnya serangan globalisasi,namun seni budaya lokal Aceh,khusunya Aceh Tengah tidak akan pernah punah, ” Harapnya.

Festival Danau Lut Tawar 2019 merupakan kemasan atraksi wisata dalam pengelolaan kekayaan alam, potensi wisata dan kebudayaan yang menjadi salah satu upaya Pemerintah Aceh dalam menjaga dan mempromosikan Aceh Tengah sebagai destinasi wisata unggulan. 

Mengangkat tema “Aceh Glorious Heritage”, Festival Danau Lut Tawar diharapkan dapat mempromosikan dan menggali lebih jauh potensi wisata Aceh Tengah, khususnya Danau Lut Tawar yang memiliki masyarakat yang sangat mencintai seni, adat dan budaya yang kuat, sehingga dengan event tersebut Aceh Tengah pantas menyematkan kata “Glorious” yang bisa bermakna Hebat, Mulia untuk Kabupaten Aceh Tengah.

Ragam kegiatan menarik telah disiapkan, seperti Pentas Seni Budaya Lut Tawar, Gayo Art Carnival, Kampung Seni Gayo, Perade Perahu Hias, dan Lomba Balap Perahu. Event ini akan dimeriahkan oleh penyanyi Top Nasional, lokal, dan penampilan atraksi seni budaya dari sanggar dan komunitas seni Aceh Tengah.

Pembukaan tersebut di awali dengan pembacaan ayat suci alqur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, persembahan didong gayo dari komunitas peduli budaya gayo (KPBG) yang berkolaborasi dengan tarian guel. Dan di meriahkan dengan penampilan artis nasional Cakra Khan. (TPP). 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32